Ceramah 1 Muharram 100% ajib

Good morning everybody
Sebelum saya mulai tausiah islaminya izinkan saya berpantun terlebih dahulu:
Bapaknya wira namanya slamat
Pergi kepasar jumpa kang ahmad
Jawablah salam dengan semangat
Jika kalian umat nabi muhammad

السلام علىكم ورحمةالله وبركاته

            Alhamdulillahirabbil ‘alamin, wassholatu wassala mu’ala asyrofil ambiya iwal mursaliin, wa’ala alihi washahbihi ajma’in, asyhadualla ilahaillallaah, waasyhadu annamuhammadan ‘abduhu warasuuluh, allahumma sholli ‘ala muhammad, wa’ala ali muhammad, amma ba’du
            Yang saya hormati, bapak ibu guru,  yang dimuliakan Allah SWT,dan yang saya banggakan  kakak-kakak, adek-adek dan teman-teman generasi baja,penerus generasi Indonesia!!
            Alhamdulillah, kita bersyukur kepada allah SWT, Tuhan yang maha pengasih, dan belum pernah pilih kasih, Tuhan yang maha penyayang, yang sayang nya tidak terbilang, alhamdulillah dengan berkat limpahan rahmat, hidayah serta inayahnya kepada kita,kita dapat berkumpul disekolah yang kita cintai ini.                                         Kemudian shalawat dan salam,kita hadiahkan kepada  junjungan kita, nabi besar muhammad SAW, yang mana membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan teknologi sekarang ini.
Disini saya akan sedikit memberikan tausiah yang bertema keutamaan bulan muharram
Bulan muharram adalah bulan pertama dalam kalender islam bener apa nggak? dan disitua ada 1 muharram tahun baru islam disini saya bukan membahas tentang 1muharram tapi tentang  tema tadi keutamaan bulan muharram.
Bulan Muharram, adalah termasuk salah satu dari 4 bulan yang di muliakan oleh Allah SWT.selain bulan muharram ada bulan dzulhizah,dzulqoidah dan bulan rajab kalau gak percaya liat aja di google? .dan bentar lagi kita akan memasuki bulan muhaaran yakan?, Kemuliaan bulan Muharram adalah karena dalam bulan itu terdapat hari Asyuro’ (10 Muharram) yang manatanggal 10 asyuro memiliki peristiwa penting  seperti:
1. Taubat Nabi Adam diterima pada tanggal 10 Asyuro’. Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Adam dikeluarkan Allah dari surga karena godaan syaitan dan kemudian memakan buah Khuldi. Ia pun dipisahkan dari Siti Hawa saat diturunkan di bumi. Menurut riwayat beratus–ratus tahun lamanya Nabi Adam memohon ampun pada Allah, kemudian pada tanggal inilah taubatnya diterima.
2. Allah menciptakan surga dan neraka pada tanggal ini,
3. Allah menciptakan malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail pada tanggal ini.
4. Allah menciptakan Arsy dan Kursi Nya pada tanggal ini. Allah menciptakan Kalam, bumi dan langit juga  pada tanggal ini.

Dan pada bulan itu pula, dimana banyak sekali amalan amalan yang jika kita lakukan, tentu akan kita peroleh Rahmat dari Allah.dan amalan amalan itu antara lain:

1,perbanyak amalan shahih dan jauhi maksiat!!
Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata:
(…فَجَعَلَهُنَّ حُرُماً وَعَظَّمَ حُرُمَاتِهِنَّ وَجَعَلَ الذَّنْبَ فِيْهِنَّ أَعْظَمُ، وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ وَاْلأَجْرُ أَعْظَمُ.)
“…Kemudian Allah menjadikannya bulan-bulan haram, membesarkan hal-hal yang diharamkan di dalamnya dan menjadikan perbuatan dosa di dalamnya lebih besar dan menjadikan amalan soleh dan pahala juga lebih besar.” (Tafsir Ibnu Abi Hatim VI/1791)
Oleh karena itu jangan lah kita melakukan perbuatan dosa dalam bulan haram tersebutkarena dosanya akan berlipat ganda!mending kita melakukan kebaikan pahalanya berlipat lipat seperti contoh saya impak jum’at 1000misalkan nya pahalanya 2 karena saya impaknya dibulan haram digandakan jadi 10pahala.jika kita impak 10000 pahalanya uda 100 wih!pilih yang mana pahalanya yang berlipat atau dosanya yang berlipat!
2.puasa as syura(10 muharram)
 Yaitu puasa yang Menghapus dosa setahun lalu seperti hadis riwayat muslim berikut:
Rasululloh bersabda:
صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
Puasa ‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu HR,muslim
3.perbanyak puasa
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib (lima waktu) adalah shalat malam.
4. Muhasabah dan Introspeksi Diri

Hari berganti dengan hari dan bulan pun silih berganti dengan bulan. Tidak terasa pergantian tahun sudah kita jumpai lagi, rasa-rasanya sangat cepat waktu telah berlalu. Semakin bertambahnya waktu, maka semakin bertambah pula usia kita. Perlu kita sadari, bertambahnya usia akan mendekatkan kita dengan kematian dan alam akhirat.dan seharusnya setiap hari kitamelakukan kebaikan sepaya hidup ini menjadi baroqah.
Dan ingat kata pepetah
“To day is better than yesterday”
hari ini harus lebih baik dari hari yang kemaren dan besok harus lebih baik dari pada hari ini,
jadi perbanyaklah melakukan amalan agar kita siap kapan saja dinoon aktifkan, sudakah kalian siap menghadapi kematian!sudahkah kalian bertobat!sudahkan kalian berbuat kebaikan!jangan sudah sudah saja intropeksi diri /jadi cepatlah betobat dan memohon ampun kepada allah,bisa saja nanti kiamat sebelum anda betobat apa yang terjadi Wallahu a’lam


itulah tausiah singkat dsri saya Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufik untuk tetap teguh berada di atas jalan kebenaran-Nya, bersegera untuk melakukan instrospeksi diri sebelum datang hari di-hisab-nya semua amalan, dan menjauhkan dari perbuatan maksiat yang bisa membuat noda hitam di hati kitaamin ya rabbal alamin. Kalau ada kata kata yang salah mohon di beneri kalau ada kata yang kurang mohon ditambahin sendiri dan kalau ada kata kata yang menyinggung mohon di maafi saya akhiri dengan wabllahi tofik walhidayah wassalammualaikum wr,wb,

Comments

Popular posts from this blog

cara merubah file yang berformat .iso menjadi .exe

CARA UPLOAD FILE(APLIKASI) KE BLOG